Pekon Sidoharjo Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas untuk Badan Himpun Pemekonan (BHP)

11 Desember 2023
Admin Utama
Dibaca 23 Kali
Pekon Sidoharjo Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas untuk Badan Himpun Pemekonan (BHP)

Sidoharjo, Jum’at 08 Desember 2023 - Pekon Sidoharjo, Kabupaten Pringsewu, terus berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan Badan Himpun Pemekonan (BHP) dalam rangka memperkuat peran mereka dalam pembangunan desa dan menampung aspirasi masyarakat Sebuah pelatihan intensif digelar di Pekon Sidoharjo untuk memberdayakan anggota BHP dan memberikan wawasan baru guna mendukung keberlanjutan pembangunan desa.

Pelatihan yang berlangsung selama Satu hari ini diikuti oleh seluruh anggota BHP dan dihadiri oleh narasumber bapak Obet, S.Pd,  ahli di bidang terkait dari pemerintahan pemda kabupaten Pringsewu, Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pekon Sidoharjo untuk memastikan bahwa BHP memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola kegiatan pembangunan desa secara efektif.

Kepala Pekon Sidoharjo, bapak Supratikno, menyampaikan pentingnya pelatihan ini dalam menghadapi tantangan pembangunan dan pengelolaan keuangan desa yang semakin kompleks. "Kami berinvestasi dalam peningkatan kapasitas BHP agar mereka dapat berperan lebih aktif dan efisien dalam menyerap aspiraasi masyarakat dan melaksanakan program-program pembangunan di desa kita," ujarnya.

Pelatihan mencakup berbagai topik, termasuk manajemen keuangan desa, pengelolaan aset desa, tata kelola pemerintahan desa yang baik, serta strategi menampung mengelola dan memberikan solusi kepada masyarakat, komunikasi dan partisipasi masyarakat. Selain sesi teori, peserta juga terlibat dalam diskusi kelompok, studi kasus, dan simulasi untuk memastikan pemahaman mendalam dan penerapan langsung di lapangan.

Anggota BHP merespon positif terhadap pelatihan ini, menyatakan bahwa pengetahuan baru yang diperoleh akan sangat berguna dalam menjalankan tugas mereka untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Pekon Sidoharjo.

Pemerintah Pekon Sidoharjo berencana untuk terus melibatkan BHP dalam program pelatihan yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab mereka. Diharapkan, peningkatan kapasitas BHP akan memberikan dampak positif yang signifikan dalam menggerakkan pembangunan dan memberdayakan masyarakat di tingkat desa.