Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pekon Sidoharjo Ikuti Apel Siaga Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024 di Pendopo Pringsewu

12 Februari 2024
Admin Utama
Dibaca 10 Kali
Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pekon Sidoharjo Ikuti Apel Siaga Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024 di Pendopo Pringsewu

Pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dari Pekon Sidoharjo, Kec Pringsewu Kab Pringsewu, dengan penuh semangat mengikuti Apel Siaga Masa Tenang dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2024. Acara yang diselenggarakan di Pendopo Pringsewu pada hari ini, Minggu (11/2), menjadi momentum penting bagi para pengawas dalam memastikan kelancaran dan keamanan jalannya proses demokrasi di Pekon Sidoharjo.

Apel Siaga Masa Tenang ini dihadiri oleh seluruh PTPS yang bertugas di wilayah Kabupaten Pringsewu, yang tersebar di berbagai TPS di seluruh wilayah Kabupaten pringsewu. Dalam apel yang diawali dengan pembukaan oleh Ketua Bawaslu kabupaten Pringsewu Bpk Suprondi disampaikan berbagai arahan, mengimbau masyarakat dan pihak terkait mulai membersihkan alat peraga kampanye (APK) di masa tenang pemilu.

Demikian disampaikan Suprondi usai Apel Siaga Pengamanan Masa Tenang bersama jajaran Forkopimda kabupaten setempat, Minggu (11/2) pagi.

Diketahui, penertiban APK dilaksanakan pada masa tenang, dari tanggal 11-13 Februari sesuai dengan ketentuan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, komitmen koordinasi bersamanya yakni Bawaslu dan Sat Pol PP menertibkan APK.

“Masyarakat boleh menertibkan APK di jalan atau di depan rumahnya. Ga ada masalah. Kita berharap partisipasi masyarakat secara aktif. Selain itu peserta pemilu aktif juga bisa menertibkan APK secara mandiri,” kata Suprondi.

Selain itu Suprondi juga meminta kepada jajaran Bawaslu dari Panwascam, PKD dan Pengawas TPS yang tersebar di 131 Pekon dan kelurahan di Kabupaten Pringsewu siap menjaga proses pemungutan dan penghitungan suara.

“Kita telah melakukan tahapan dan mengupayakan penghitungan suara dengan siap. Kita bersama-sama gebuk praktek money politics, hoaks, SARA dan hal tidak baik lainnya,” tambah dia.

Sementara, Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah berharap, situasi kondusif selama masa tenang ini bisa dipertahankan. Sehingga tercipta pemilu yang damai dan demokratis.

“Kami berharap situasi ini bisa terus kita pertahankan selama masa tenang sampai di pemungutan dan penghitungan suara. Alhamdulillah semua dengan sinergitas yang selama ini terbangun di Pringsewu dari foropimda dan ormas lainnya bisa mendukung,” ujar Adi Erlansyah.

Tempat yang sama, Ketua KPU Pringsewu Sofyan Akbar Budiman mengatakan, KPU Pringsewu telah mendistribusikan logistik pemilu ke kecamatan dan desa-desa.

” Mulai kemarin kita mendistribusikan C pemilih. Jadi kalau ada yang belum mendapatkan atau tercantum di DPT bisa segera lapor ke KPPS atau PPS setempat,” imbuh Sofyan.

Selain itu Sofyan berharap di pemilu 2024 ini partisipasi pemilih bisa meningkat, sebelumnya di 2019 angka partisipasi pemilih di Kabupaten Pringsewu mencapai 83 persen.

“Kalau target nasional 75,5. Tapi mudah-mudahan di 2024 bisa meningkat lagi,” tutupnya.

Apel Siaga Pengamanan Masa Tenang ini juga diikuti oleh Jajaran Bawaslu Kabupaten Pringsewu, Panwascam, PKD dan PTPS se-Kecamatan Pringsewu.