Musyawarah Pekon Khusus Pemutakhiran dan Penetapan Data SDGs Desa Tahun 2023 Pekon Sidoharjo.

25 September 2023
Admin Utama
Dibaca 28 Kali
Musyawarah Pekon Khusus Pemutakhiran dan Penetapan Data SDGs Desa Tahun 2023 Pekon Sidoharjo.

SIDOHARJO - Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pemutahkiran Data IDM (Indek Desa Membangun) berbasis SDGs Desa Tahun 2023 di Balai Pekon Sidoharjo Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, Pada hari Senin (25/ 09/ 2023) Pekon Sidoharjo telah menyelesaikan dan merampungkan Pemutahkiran data berbasis Tujuan membangun berkelanjutan atau Sustainable Develoment Goals (SDGs) Desa sebelum tanggal 17 Juli 2023 sudah selesai seluruhnya dari data manual (ofline) dan Upload data (online).

Hadir dalam musyawarah tersebut kepala Pekon Sidoharjo Bapak Supratikno beserta perangkat desa, ketua BHP beserta anggota dan tim Pokja (Kelompok Kerja) pemutakhiran data SDGs. Turut hadir Pendamping Desa, Babinsa dan Babhinkamtibmas. Agenda dalam musyawarah adalah penetapan hasil pemutakhiran data SDGs mulai pendataan tingkat Desa, RW, RT, Keluarga dan Individu.

Adapun hasil dari musyawarah tersebut adalah sebagai berikut:

Survei Pekon yang telah diselesaikan terdiri dari data lokasi, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDES, aset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDES, infrastuktur dan lainnya.

Survei RT, jumlah RT yang telah didata sebanyak 13 (Tiga belas) yang terdiri dari data lokasi, pengurus RT/RW, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasilitas ekonomi, infrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama, sosial budaya, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga.

Survei Keluarga, jumlah keluarga yang telah didata sebanyak 1524 (Seribu limaratus dua puluh empat) keluarga, yang terdiri dari data lokasi dan pemukiman, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain.

Survei Individu, jumlah individu yang telah didata sebanyak 5122 (Lima Ribu Seratus dua puluh dua) jiwa, yang terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan.

Lain Lain:       

  • Jumlah Pendatang Baru : 22
  • Jumlah Pindah : 42
  • Jumlah Bayi Lahir : 61
  • Jumlah Meningal : 21

Adapun Kendala Yang dihadapi saat pemutakhiran dataSDGs Desa:

  1. Penduduk pendatang yang sebelumnya sudah terdata di desa asalnya namun belum dihapus maka data tersebut belum bisa di input di SDGs Pekon Sidoharjo
  2. Pemutakhiran yang dilakukan bukan hanya menginput data baru, menghapus data orang yang pindah keluar, menghapus data orang meninggal akan tetapi juga update data satu persatu setiap kuisioner seperti survei individu yang harus di update adalah umur, pendidikan, pekerjaan, penghasilan dll.

 “Saya sangat mengapresiasi dan bangga atas kerja Tim Pokja pendataan SDGs Pekon Sidoharjo atas kompakan sehingga dapat menyelesaikan Pendataan SDGs sebelum tanggal 17 Juli 2023, sambutan Kepala Pekon Sidoharjo (Supratikno)

Musyawarah diakhiri dengan penandatangan berita acara yang dilakukan oleh kepala Pekon, ketua pokja pemutakhiran data SDGs, ketua BP, pendamping desa dan tokoh masyarakat.